Progress Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Sunter Agung

Proses pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (6/9/2021). Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan JIS rampung pada Desember 2021 dan sudah dapat digunakan tahun 2022 mendatang.

“Proses pembangunan berjalan lancar, tentu tahun depan JIS sudah bisa kita gunakan,” ucap Riza Patria.

Jakarta International Stadium (JIS) adalah stadion standar FIFA dan dibangun dengan konsep green building pertama di Indonesia. Kandang tim Persija ini memiliki kapasitas 82.000 orang.

Untuk mempermudah akses transportasi, Pemprov DKI Jakarta akan membangun jalur kereta api yang mengarah ke JIS. Selain itu, nantinya lapangan latih tim macam Kemayoran ini juga akan terintegrasi dengan kereta LRT dan BRT Transjakarta.

Jakarta International Stadium sendiri direncanakan menjadi home base Tim Nasional Indonesia. Kabar ini disampaikan menyusul resminya Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) meneken kerja sama dengan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) “Jakpro” untuk mengoptimalisasi Jakarta International Stadium.

Acara penandatanganan kerja sama dilakukan tepat di hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada Selasa 17 Agustus 2021 kemarin. PSSI yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen), Yunus Nusi, merasa bangga dengan adanya kerja sama tersebut. Terlebih, kerja sama ini bertujuan memajukan industri sepakbola Indonesia.

Stadion Internasional Jakarta atau Jakarta International Stadium, adalah sebuah stadion multi-fungsi di kelurahan Papanggo, kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta, Indonesia yang pada tahun 2012 digadang-gadang akan dibangun dengan nama Stadion BMW namun tertunda, dan baru terlaksana pada tahun 2019.

Setelah selesai, nantinya stadion ini selain untuk pertandingan sepak bola, dapat dipakai untuk konser musik. Untuk nama stadion ini sendiri menurut gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, nama Jakarta International Stadium mengasosiasikan stadion bertaraf internasional dengan Jakarta, dan Anies juga mengkatakan bahwa kedepannya akan ada mekanisme bisnis untuk menetapkan penamaan stadion tersebut setelah pembangunannya selesai, jadi penamaan Jakarta International Stadium saat ini bersifat sementara dan akan berubah setelah adanya kesepakatan bisnis.

Stadion ini akan menampung kurang lebih 82.000 penonton, dimana kapasitas ini lebih besar dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat ini.

Dapur Comments
Follow Us