Album Baru Death Vomit Lebih Pelan dari Sebelumnya?

25 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk perjalanan sebuah band. Death Vomit sudah membuktikan itu. Eksistensi mereka terutama di dunia musik keras Indonesia tidak terbantahkan.  Melalui karya baik album dan aksi panggungnya, Death Vomit mengukuhkan diri sebagai salah satu mesin death metal terbaik negeri ini.

Album Dominion Over Creation dirilis 29 Juli 2020 sekaligus menyambut peringatan seperempat abad perjalanan bermusik. Ini merupakan rilisan mereka setelah  album demo Spirit of Blasphemy (1998) dan Eternal Deprecated (1999), keduanya dirilis secara DIY melalui label milik mereka, Demented Mind Records, yang kemudian demo terakhir itu dirilis ulang oleh Extreme Soul Production pada tahun 2002. Album The Prophecy dirilis Rottrevore Records tahun 2006 dan Forging of Legacy dirilis Armstretch Records tahun 2014. Kali ini Death Vomit kembali mengaktifkan lagi records label mereka sendiri, Demented Mind Records yang didukung oleh Sinergi Live.

Album ini berisi 9 tracks lagu termasuk 1 lagu instrumen yang dikemas dalam format cd dan rencananya juga akan dirilis dalam format kaset. 

Semua proses rekaman kembali dilakukan di studio Rockstar di Yogyakarta, seperti dengan album sebelumnya dengan engineer Donney Wagna yang juga sound engineer live kami. Dimulai dari Juli tahun lalu tapi karena beberapa hal seperti padatnya studio dan jadwal manggung jadi baru selesai akhir tahun 2019.

Untuk mixing dan mastering dikerjakan oleh Arif Wahyu Ramadhan yang juga gitaris Tumenggung. Secara equipment relatif sama dengan album sebelumnya hanya karakter sound secara keseluruhan berbeda menyesuaikan musiknya. Kami mencoba beberapa karakter sound juga dan ini yang paling pas.

Growl vokal Sofyan kali ini memang lebih mengedepankan artikulasi yang jelas agar liriknya lebih mudah dipahami. Sofyan harus melakukan take rekaman tiga kali secara keseluruhan. Saat itu bahkan sudah selesai 7 lagu yang direkam vokalnya tapi karena ada jadwal manggung Sofyan baru menyelesaikannya setelah manggung dan hasilnya berbeda tapi dirasa lebih masuk dengan musiknya. Jadi Sofyan merekam semua ulang semua bagian vokalnya. Oki sebenarnya sudah mencoba merekam backing vokal tapi hasilnya malah aneh. Sepertinya untuk album ini tidak diperlukan adanya backing vokal. Belum tau nanti kalau untuk manggung. Lead gitar sekali lagi itu menyesuaikan karakter lagunya. 

Kebetulan juga saat proses rekaman kondisi Roy tidak fit 100% karena sakit. Tapi itu bukan alasan bahwa Roy tidak se’ngebut’ dulu. Semua lebih kepada menyesuaikan dengan konsep kegelapan dan kengerian dari Dominion Over Creation.        

Demented Mind Records adalah records label milik Roy yang dulu merilis 2 demo awal Death Vomit. Kami pikir mungkin sekarang saatnya untuk mencoba mengelola sebuah rilisan secara mandiri. Jadi akhirnya Demented Mind Records menjadi records label band. Untuk album ini kami benar – benar melakukannya sendiri seperti proses pengepakan cd, mengurusi cetakan, duplicating, distribusi dan lainnya yang tentunya dibantu teman–teman termasuk crew. 

admin

🙏

%d blogger menyukai ini: