Alir Lahirkan Kesederhanaan EP ‘Cornucopia’

Cornucopia merupakan EP kedua yang diproduksi oleh Alir, yang memuat enam track. Dua diantaranya merupakan perekaman ulang dari versi demo lagu Alir, sebelumnya; ‘Daun’ dan ‘Bahtera’.

Nama ‘Cornucopia’ diambil dari sebuah bejana yang diperuntukkan untuk membawa hasil bumi dan makanan pada zaman Yunani kuno. Cornucopia juga merupakan simbol dari kelimpahan dan keberkahan. Alir, kemudian mengambil konsep ini sebagai nama dari EP kedua Alir, karena kesamaan fungsinya, dimana EP kedua ini merupakan sebuah bejana yang didalamnya memuat lagu yang secara lirik dan tema lirik yang lebih bervariasi dibandingkan EP sebelumnya.

Alir, juga mengadopsi penamaan klasik untuk setiap track dalam Cornucopia. Opus (Op.) yang merujuk pada ‘nomor karya’ pada karya-karya klasik, penomoran dalam Cornucopia merefleksikan hubungan antar satu karya dengan karya lainnya—yang tergabung dalam EP ini. Penamaan ini juga yang menjadi trademark Alir, untuk EP ini, sehingga pendengar akan lebih mudah mengenali karya Alir, dan menumbuhkan rasa penasaran.

Secara musik, Cornucopia memiliki warna yang sangat berbeda dibandingkan dengan EP sebelumnya ‘Entitas Ketiga’, di mana secara musik Alir, jauh lebih sederhana dalam merepresentasikan musik dengan komposisi yang lebih minimalis. Cornucopia menjadi sisi koin yang lain dari EP sebelumnya: setiap lagunya menyajikan komposisi padat dan lebih eksperimental dengan memasukkan elemen-elemen chamber, ambiens, serta soundscape.

Dengan lirik sebagai storyline-nya, Alir, mencoba membangun suasana pada setiap lagunya, sehingga karya dalam EP ini terasa seperti scoring pada film.

admin

🙏

%d blogger menyukai ini: