Beda Tipis Content Writer, Copywriter dan Content Creator

Tahukah Kamu bahwa ketiga sedang menjadi pekerjaan yang happening untuk saat ini? Apalagi dengan berkembangnya smartphone di era digiitalisasi ini membuat banyak media online yang membutuhkan ketga profesi tersebut loh!

Sebenarnya sih, persamaan dari content writer, copywriter dan content creator adalah mereka sama-sama membuat konten yang nantinya akan di share di berbagai media online maupun offline. Kontennya pun bergantung prfesinya, ada yang bentuknya tulisan, gambar, video ataupun gabungan.

Tujuannya bisa banyak sih, seperti untuk pemasaran, edukasi, hiburan, dll. Ketiganya memiliki karakter masing-masing, untuk lebih mengenalnya, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Content Writer

Seperti namanya, content writer pastinya profesi yang berhubungan dengan penulisan ya. Profesi ini untuk sekarang banyak dicari oleh perusahaan besar yang sedang menuju era digitalisasi perusahaan. Tujuan content writer adalah membuat konten tulisan berupa beberapa artikel yang menarik untuk dibaca.

Para content writer ini memiliki tanggungjawab untuk meningkatkan engagement pemirsa atau pengunjung website dengan menulis artikel yang menarik. Tuntutan membuat banyak artikel dengan hasil yang berkualitas cukup menjadi tantangan bagi seorang content writer ya.

Agar Kamu lebih siap menjadi seorang content writer, skill yang perlu Kamu siapkan adalah yang pertama skill menulis. Menulis itu ada tekniknya, ada struktur isinya, sehingga lebih sistematis sesuai dengan kaidah berbahasa yang baik.

Copywriter

Untuk copywriter, sebenarnya job desc-nya hampir sama dengan content writer, sama-sama dalam media tulisan. Namun yang menjadi perbedaan mendasar adalah tujuannya. Untuk copywriter, memiliki tujuan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat agar membeli sesuat barang atau jasa. Karenanya copywriter biasanya digunakan untuk promosi.

Bisa Kamu temui ada beberapa tag line produk yang sangat spesifik sehingga cukup menarik afeksi konsumen dan akhirnya masyaraat tergugah untuk membelinya. Nah itu menjadi menarik karena kemampuan sang copywriter untuk mengolah kata-kata.

Utuk Kamu calon copywriter, ada beberap keahlian dasar yang harus Kamu miliki, yaitu membaca kebutuhan pasar dan nilai produk yang sedang Kamu pasarkan. Hal ini akan mempermudah Kamu untuk membuat konsep penjualan dan copywriting yang lebih sesuai sehingga lebih menunjang untuk penualan.

Selain itu, keahlian dalam mengemas kalimat menggunakan bahasa yang persuasif juga dibutuhkan bagi seorang copywriter. Kamu bisa membaca buku-buku tentang copywriting yang ada di toko buku untuk menambah wawasanmu agar menjadi copywriter yang handal.

Content Creator

Nah kalau untuk yang satu ini,meski namnya nampak sama dengan content writer, namun job desc-ya lebih luas. Content creator memiliki lebih banyak fkus, misalnya video, gambar, menulis, design, foto, dsb.

Kalian bisa lihat beberapa referensi content creator di instagram seperti Madariyanhadi, Tempat bercakap, NKCTHI. Tujuan content creator ada banyak sih, bisa sebagai hiburan, edukasi, atau bahkan promosi. Tanggung jawab content creator untuk menghasilkan content yang menarik dan tentunya mengajak orang untuk melihat content yang telah di publish.

Apapun pilihan Kamu, semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat ya.

admin

🙏

%d blogger menyukai ini: