Bedanya Distribusi Musik dan Penerbitan Musik Apa sih?

Distribusi musik dan penerbitan musik adalah hal yang sangat berbeda, tetapi keduanya dapat dengan mudah dibingungkan satu sama lain.

Keduanya sangat penting dalam hal mengekspos musik ke publik. Distribusi musik adalah proses memasukkan musik Anda ke layanan streaming (Spotify, Apple Music, TIDAL) serta dalam bentuk fisik (CD, vinil), dan penerbitan musik adalah untuk mengeksploitasi komposisi untuk aliran pendapatan tambahan melalui biaya dan royalti.

Distribusi musik adalah proses yang digunakan artis, musisi, dan label rekaman untuk membuat musik mereka tersedia secara publik di layanan streaming seperti Spotify, Apple Music, TIDAL, dan Beatport , serta fisik (CD, vinil). Perlu dicatat bahwa beberapa distributor musik tidak menangani distribusi fisik.

Tidak seperti SoundCloud, musisi memerlukan apa yang disebut distributor atau agregator musik untuk merilis musik mereka di layanan streaming. Spotify, Apple Music, TIDAL, dan semua layanan lainnya tidak mengizinkan musisi mengunggah musik langsung ke platform mereka.

Ini untuk memastikan musik diunggah dan diserap ke dalam sistem mereka dengan metadata dan pemformatan yang benar.

Bayangkan betapa berantakannya Spotify dan Apple Music jika artis dapat mengunggah musik secara langsung.

Distributor musik ini seringkali memiliki kontrak langsung dengan setiap layanan streaming yang mereka kirim.

Beberapa tidak langsung dengan layanan streaming dan menggunakan layanan pihak ketiga untuk memberi label putih pada produk mereka.

Kontrak ini mencakup beberapa ketentuan, termasuk berapa banyak per streaming yang akan dikumpulkan distributor dari penyedia layanan.

Informasi ini biasanya disembunyikan dan tidak tersedia untuk umum.

Perusahaan distribusi musik yang paling umum meliputi:

DistroKid

TuneCore

Jamwana

CD Baby

UnitedMasters

RouteNote

Distribusi Simfoni

Songtradr

 

Penerbitan musik adalah proses yang digunakan penulis lagu untuk membuat komposisi musik mereka tersedia untuk umum dan menghasilkan uang.

Perusahaan penerbit musik juga bertanggung jawab mengumpulkan royalti yang terkait dengan komposisi tersebut, serta mempromosikan penulis lagu untuk kolaborasi, penampilan publik, dan reproduksi komposisi mereka.

Ada tiga royalti penting untuk penerbitan musik yaitu;

Royalti mekanik : Ini adalah royalti yang dibayarkan kepada penulis lagu oleh artis atau perusahaan lain yang ingin merekam, mereproduksi, dan mendistribusikan komposisi mereka.

Royalti penampilan publik : Royalti ini dibayarkan kepada penulis lagu setiap kali gubahan mereka ditampilkan secara publik.

Biaya sinkronisasi : Meskipun bukan royalti, biaya sinkronisasi dibayarkan kepada penulis lagu dan/atau penerbit musik mereka untuk menggunakan komposisi tersebut dalam proyek audio-visual (seperti film atau acara TV).

Distribusi musik dan penerbitan musik sangat berbeda dan seringkali dapat membingungkan satu sama lain ketika mendiskusikannya. Penerbitan musik terkait dengan distribusi rekaman suara karena lirik dan komposisi disematkan ke dalam rekaman.

Penerbitan musik memiliki pilar royalti yang berbeda dan beberapa organisasi yang akan mengumpulkan royalti tersebut. Rekaman suara juga memiliki banyak perusahaan yang mengumpulkan royalti tersebut. (Az)