Cara Jitu mencari Manager Band

Bagaimana rasanya punya band? Seru ya? Terus bagaimana rasanya punya personil yang sejiwa, sevisi dan “seiman” dalam musik? Pastinya, ada gairah untuk lebih serius dan menemukan dunia yang menyenangkan untuk dimasuki. Apalagi kemudian kalian sepakat untuk lebih professional dalam bermusik.

Tapi hey, sudahkah kalian berpikir soal manajemen dan manajer? Banyak band bagus dan berkualitas, tapi tidak punya manajemen dan manajer yang mumpuni. Atau punya, tapi tidak punya kualitas yang diharapkan.

Padahal manajer band [selain PR, ini dua konteks yang berbeda] punya andil besar untuk membesarkan band. Manajer punya peluang untuk bergerak ke tingkap yang lebih tinggi, bersama band yang dipegangnya.

Seorang manajer, dapat berperan besar dalam perjalan karir dan keberhasilan band. Tapi kalian juga harus hati-hati dan pintar dalam memilih manajer. Jangan sampai terjadi, manajer akhirnya justru “mengacaubalaukan” imej band, atau yang lebih parah, membawa kabur dokumen, uang atau kontrak-kontrak band. Itu bukan manajer, itu penipu.

Sebaiknya, manajer memang orang yang sudah punya pengalaman dalam bidang musik. Band dan personilnya, seharusnya tidak usah pusing dengan tetek-bengek mencari jadual manggung, urusan kontrak, sponsor dan EO. Itu semua harus dihandel oleh manajer.

Selain naluri dan hubungan baik, secara profesioanl ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika band mencari atau ingin mengangkat manajer.

• It Doesn’t Have to be Complicated!
Kalian tidak harus ribet sebenarnya. Apalagi jika misalnya band kalian indie. Persoalannya sekarang, indie atau tidak, manajer dituntuk punya wawasan, link yang kuat dan pengetahuan soal kontrak dan manajerial. Hal itu langkah pertama yang sangat membantu. Tanpa personil band harus ikut campur. Lewati bicara bertele-tele, janji-janji besar tanpa implementasi jelas. Silakan belajar bersama tentang dokumen kontrak. Silakan atur perjanjian soal kontrak kerja, uang, pembagian job desc dan ketentuan yang diambil jika salah satu pihak ingkar.

• Harus Saling Menguntungkan!
Meski manajer yang Anda inginkan lebih senior, lebih lama di industry, kalian harus punya perjanjian yang saling menguntungkan dan saling mendukung.

Kemudian, termin-termin perjanjian, lama kontrak [kelak bisa diperpanjang], juga harus jelas. Inilah saat yang tepat untuk memulai kerjasama band dan manajer bukan? Pembatalan kontrak bukan hal yang tabu, selama alasannya jelas dan bisa diterima oleh kedua belah pihak. Kecuali untuk kasus-kasus yang masuk ranah criminal.

Kontrak yang adil adalah suatu kesepakatan jangka waktu, katakanlah satu tahun, dengan pilihan untuk memperpanjang perjanjian pada akhir tahun jika kedua belah pihak setuju. Pada titik itu, kalian dapat menegosiasikan kesepakatan lagi, tetapi jangka waktu satu tahun adalah istilah yang baik untuk kedua belah pihak.

Berhati-hatilah memberikan manajer kalian, pilihan untuk memperpanjang tanpa persetujuan Anda, Di awal kontrak kerjasama, itu harus jelas. Jika kalian melakukannya, dan kemudian terjadi sesuatu dengan band kalian, mau tidak mau manajer itulah yang harus kalian pakai, meski mungkin tidak sreg dengan kinerjanya.

Manager adalah orang yang akan bekerja sama dengan Anda dan membayar, jadi jelas bagi kalian apa yang mereka lakukan.

1. Menarik minat label Bekerja dengan label rekaman tidak cocok untuk semua orang, tetapi hingga saat ini, ini masih menjadi standar industri, dan banyak artis melihatnya sebagai langkah besar dalam membangun karier mereka.

Manajer band harus bekerja untuk memastikan label rekaman memperhatikan Anda – yang merupakan pertunjukan yang cukup sulit, percayalah. Ada ribuan aksi di luar sana yang mencoba untuk ditandatangani, dan hanya ada begitu banyak orang yang mendengarkan bakat baru, jadi menarik perhatian mereka sangatlah sulit. Kamu harus fokus pada pembuatan musik yang bagus, dan manajer Anda haruslah yang memastikan musik itu didengar oleh para pembuat keputusan.

2. Membantu Anda memperjuangkan kesepakatan yang lebih baik Setelah Anda memiliki minat dari sebuah label rekaman, manajer Anda juga yang pada akhirnya harus memastikan bahwa Anda tidak dimanfaatkan.

Ada banyak contoh di masa lalu di mana seorang seniman mendapatkan kesepakatan mentah, dan itu sangat merugikan karir dan rekening bank mereka. Meskipun Anda harus menyadari isi kontrak di depan Anda, sebenarnya bukan tugas Anda untuk menegosiasikan persyaratan yang lebih baik. Itu adalah sesuatu yang manajer Anda, yang bekerja dengan setidaknya satu pengacara, harus mengarahkannya untuk Anda.

3. Kelola jadwal band yang mungkin tidak terlalu sibuk (belum), tapi mudah-mudahan banyak hal yang terjadi.

Kalender band harus dipenuhi dengan rapat, pertunjukan, temu sapa, wawancara, dan sejenisnya, dan jika tidak, kamu perlu mencari cara tambahan untuk keluar dan bekerja. Memang bagus untuk menyimpan kalender pribadi, tetapi manajer Anda adalah orang yang harus memastikan bahwa Anda berada di tempat yang Anda inginkan hampir setiap saat. Ini tidak hanya berarti memasukkan sesuatu ke dalam kalender ponsel Anda, tetapi lebih pada memastikan dia tahu segalanya tentang pertemuan atau pertunjukan – di mana, kapan, siapa yang harus ditemui, detail tentang orang itu, dll.

Sebenarnya banyak yang harus diingat , tapi itulah mengapa Anda memiliki seseorang untuk melakukan itu untuk Anda.

4. Memberi Anda kesepakatan dengan Perusahaan Rekaman Menjual album dan single. Karena itu, hal-hal seperti kesepakatan yang sehat menjadi semakin penting.

Manajer Anda tidak hanya harus memastikan bahwa Anda memiliki kemitraan dengan perusahaan rekaman aktif yang terkenal, tetapi juga baik untuk Anda, seperti yang dia lakukan dengan kontrak rekaman Anda. Dia juga harus menekan perusahaan untuk mendorong pekerjaan Anda di atas semua yang lain. Itu mungkin tidak akan menjadi masalahnya, tetapi manajer Anda setidaknya harus memberikan semuanya.

5. Amankan merchandise atau endorsement, dll.

Bekerja dengan merek adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang dalam industri musik saat ini, dan setiap artis harus mencari kemitraan atau partner dan itu tugas manajer Anda untuk menemukan peluang untuk Anda. Dia pasti dapat bekerja dengan orang lain untuk mewujudkannya, tetapi jangan biarkan dia mengabaikan bagian dunia Anda ini, karena itu dapat membuat semua perbedaan secara moneter.

6. Membicarakan Anda dengan semua orang di industri Item ini mungkin terdengar agak kabur, tetapi ini penting.

Manajer Anda tidak boleh hanya menjadi seseorang yang bekerja untuk Anda dari pukul sembilan sampai lima, kemudian pulang dan memikirkan tentang apa pun kecuali Anda. Ia harus menjadi orang yang aktif sepanjang waktu, dan yang tidak sabar untuk membantu dunia menemukan musik Anda. Orang ini harus mengangkat Anda di hampir setiap percakapan, tidak peduli dengan siapa dia berbicara. Baik itu kepada seseorang di label rekaman, orang event organizer atau bahkan hanya magang di perusahaan musik yang tidak terkait, Anda ingin manajer Anda membual tentang Anda dan apa yang akan Anda hadapi.

Promosi dari mulut ke mulut sangat penting dalam industri musik, dan semakin banyak orang dalam bisnis ini mendengar nama Anda, mereka akan semakin tertarik untuk melihat Anda dan mungkin bekerja dengan Anda.

Pastikan bahwa kesepakatan itu benar-benar dimengerti dan disetujui kedua belah pihak. (JM)

admin

🙏

%d blogger menyukai ini: