Cupumanik Sajikan Lagu Lama Rasa Baru

Cupumanik lahirkan, lagu ‘’Yang Kan Terjalani’’ sayangnya urung masuk di album perdana self titled Cupumanik pada tahun 2005 lalu. Namun seakan masih terikat satu sama lain lagu ini nyatanya masih disimpan rapi dalam memoar manis para personilnya, hingga keinginan untuk kembali menyajikannya kemudian terealisasi pada tahun 2020 ini.

Lagu YKT (‘’Yang Kan Terjalani’’) kemudian dikemas ulang agar relevan dengan zaman.‘kelahiran’ kembali single ‘’YKT’’ ditandai pula dengan kehadiran Rama, gitaris awal Cupumanik. Ia beraksi mengisi harmoni di departemen gitar bersama Eski, hingga kolaborasi keduanya berbuah manis kala sound bernuansa clean berbalut string dan orkestrasi yang diaransemen mewah, hasil dari sumbangan artistik Rama, di mana dia ingin menonjolkan ambience dan syahdunya lagu. Periisan singe ini pada akhirnya menjadi pemantik mereka melakukan reuni.Lebih jauh tentang musiknya, gitaris Eski mementaskan nada unik tematik, menghiasi lagu dengan riff gitar yang kuat, dari intro hingga ending tanpa pengulangan. Semua berkesinambungan, berhubungan dengan tema dan ruh lagu, kendati bercak sound kotor dari fx fuzznya masih terasa. Sedangkan di divisi rhythm section, Dony dan Iyak membangun pondasi lagu mengikuti nuansa lagu yang bernuansa akustik, dipertegas dengan laid-back shuffle 3/4, di mana sisanya dibiarkan mengalir.

Dirilisnya single ini juga ditandai dengan kehadiran Rama, gitaris awal Cupumanik.

Proses poduksi single YKT, Rama beraksi dengan mengisi harmoni di departemen gitar bersama Eski. Sound bernuansa clean berbalut string dan orkestasi yang diaransemen mewah merupakan sumbangan artistik Rama yang ingin menonjolkan ambience dan syahdunya singel YKT.

Sedangkan Eski, mementaskan nada unik tematik, menghiasi single dengan riff gitar yang kuat, dari intro hingga ending tanpa pengulangan. Semua berkesinambungan, berhubungan dengan tema single walau bercak sound kotor dari fx fuzznya masih terasa.


Sebagai penulis lirik, Iyak mengatakan jika lagu ‘’YKT’’ adalah mantra cinta pelipur hati bagi siapapun yang telah setia berada di sisi. ‘’Untuk mereka para Istri atau belahan jiwa yang ikhlas menerima segala kekurangan, untuk sudi mengarungi lautan kehidupan, rela tenggelam dalam suka dan menghalau luka. Mereka adalah para pendamping untuk merajut asa, pun menua bersama’’, ujarnya menjelaskan lagu ‘’YKT’’.

Share

You may also like...