DISINFECTED Kembali Merilis Album Barunya, “Hordes of The Infected”

Setelah vakum merilis karya selama hampir 7 (tujuh) tahun, band death metal asal Bandung Disinfected, kembali menggebrak skena musik bawah tanah Indonesia dengan album terbaru.

Album baru yang akan dirilis 8 Maret 2019 ini bertajuk “Hordes of The Infected”. Berisikan 12 lagu, album baru Disinfected ini bercerita tentang metafora satu keadaan dan penyakit sosial yang menjangkiti suatu masyarakat.

Proses penggarapan album ini terbilang cukup unik karena domisili personil Disinfected yang terpisah di tiga kota berbeda. Sigit Tri Hartono di Tangerang, Adyth Nugraha di Depok, Diaz di Tasikmalaya, sedangkan Amenk GB dan Dian Ramadhan berdomisili di Bandung. Mereka jarang sekali bertemu sehingga saat-saat latihan adalah saat yang harus dimaksimalkan dalam pengerjaan materi album baru.

Semua materi album “Hordes of The Infected” sendiri ditulis oleh Adyth Nugraha, kecuali lagu “Trauma”, musik ditulis oleh Teddy Sudjaya sementara lirik oleh Iwan Fals. Semua lirik di album ini ditulis oleh Adyth Nugraha dan Amenk GB. Proses penulisannya pun terbilang unik karena sangat para personil jarang latihan bersama di studio. Awalnya semua notasi lagu ditulis Adyth dengan perangkat lunak, kemudian dibagikan ke seluruh personil melalui email & chat grup. Setelah semua personil menerima materi baru, latihan dilakukan bersama untuk mematangkan materi lagu.

Proses pematangan materi pun terkadang dilakukan dengan bertukar video Whatsapp, agar dapat saling mengisi bagian-bagian yang kosong atau bagian-bagian yang perlu diganti. Keseluruhan proses pematangan materi ini dilakukan semua personil, tanpa vokalis terlebih dahulu.

Setelah materi-materi kasar direkam, dibagikan ke Amenk GB dalam format video atau audio, untuk kemudian dimasukkan lirik-lirik lagu. Aransemen akhir untuk vokal pun dilakukan saat proses tracking di studio rekaman. Proses pembuatan album ini pun memakan waktu yang panjang, sejak Desember 2017 hingga September 2018. Rekaman dilakukan di Masterplan Studio, Bandung dengan sound engineer oleh Toteng Forgotten. Cover dan ilustrasi album “Hordes of The Infected” dipercayakan kepada Salny Setyadi.

Disinfected sendiri dibentuk pada 2 November 1997 oleh Adyth Nugraha dari band Rotten Corpse Malang. Formasi awalnya adalah Amenk GB (vokal), Adyth Nugraha (gitar), Sigit Tri Hartono (bass), Abah Andris (drum) dan Upik (gitar). Formasi awal ini berhasil melahirkan album Melted pada tahun 2001 setelah sebelumnya merekam demo dan beberapa kali terlibat dalam proyek kompilasi.

Kompilasi Independent Rebel yang cukup memperkenalkan Disinfected secara lebih luas dan merata di skena metal Indonesia karena pada saat itu dirilis oleh major label. Beberapa nama yang tercatat pernah mengisi tempat di Disinfected, antara lain: Dwinanda Satrio RIP (Rottrevore & Bloody Gore), Abah Andris (ex-Burgerkill, sekarang di Nectura & Goredath, Toteng (Forgotten), Ari Bejo (ex-Bleeding Corpse), Abo, Said (ex-Undergod), Rudi Dian, Apot (Embalmed), Iyenk (Saffar) dan Abaz (ex-Jasad, ex-Kaluman, ex-Undergod), dan Iho (Humilliation).

Share

You may also like...