Kekal masuk usia 25 tahun Rayakan dengan “Quantum Resolution”

Kalau bicara musik dari Indonesia, hampir keseluruhan yang saya dengarkan cenderung ke jazz, berkat label MoonJune yang luar biasa. Ada dua pengecualian untuk ini, keduanya adalah black metal – Pure Wrath dan Kekal. Kekal, bagaimanapun, jauh dari black metal konvensional. Meskipun ada kiasan yang dapat dikenali dari genre itu dalam musik mereka, masih banyak lagi. Ada electronica, pop, jazz, trip hop, industrial, ambient dan psychedelia. Bahkan mungkin wastafel dapur.

Meskipun band ini jelas memiliki pengaruh dari extreme metal, dalam musik mereka saya mendengar suara yang mungkin menunjukkan pengaruh lain dari artis yang beragam seperti Aphex Twin, Atrox, Autechre, Black Sabbath, Miles Davis, Depeche Mode, Duran Duran, Jesus Jones, Kayo Dot , Mars Volta, Serangan Besar-besaran, Portishead, The Prodigy, Skinny Puppy, Tangerine Dream, dan Ulver.

Sejujurnya, ada banyak hal yang terjadi dalam musik Kekal hampir sampai pada titik di mana hal itu bisa membuat lebih banyak pendengar biasa. Band ini mengklaim dirinya adalah avant-garde dan alternatif untuk berbagai ekspresi musik rock, metal, dan elektronik, dan akan sangat sulit untuk membantah deskripsi tersebut. Satu keuntungan nyata dari memiliki jangkauan pengaruh yang begitu luas adalah bahwa Kekal tidak pernah merasa seperti meniru band mana pun.

Ini hampir diperburuk oleh sifat band yang anarkistik. Sejak 2009, tidak ada anggota resmi, hanya Jeff sang otak dari kejeniusan meramu musiknya dan kontribusi apa pun bersifat anonim.

Pasalnya, Kekal mempraktikkan filosofi Anarkisme yang diterjemahkan menjadi pendekatan non-hierarkis dan anti otoriter menjadi self-governance / self-managing. Kuncinya adalah kontribusi sukarela dan asosiasi bebas. Kontribusi sukarela telah digunakan di Kekal sejak awal berdirinya band karena tidak pernah ada peran siapa melakukan apa selama rekaman. Semua anggota band (pada saat itu) memilih untuk memainkan alat musik dan / atau vokal apa saja yang mereka rasa cocok, untuk mencapai keluaran musik yang lebih baik. Ini lebih meluas selama masa sekarang, status tanpa anggota dari band, di mana anonimitas ditempatkan di garis depan, dan Kekal menjadi saluran ekspresi yang lebih murni.

Kekal Indonesia sudah ada sekitar 25 tahun, dan saya masih tidak tahu apa kesepakatan mereka.

Album Quantum Resolution yang baru saja rilis di bulan Agustus 2920 sangat meledakkan dengan semua jebakan bass-boost ini, dalam arti mereka berhasil membuat musik yang seharusnya cukup konvensional, setidaknya kadang-kadang, tetapi rasanya sangat bengkok dan menakutkan sehingga seolah-olah tidak berasal dari kerangka yang sama seperti kebanyakan musik lainnya.

Quantum Resolution datang di tahun yang cukup hebat untuk musik metal avant-garde, musik avant-garde harus berpikiran maju dan eksperimental, sehingga logika menyatakan bahwa musik sebuah band avant-garde pada akhirnya harus menjadi musik konvensional karena inovasi mereka mulai menjadi semakin terintegrasi dalam konvensional. Dan mungkin itulah yang membuat musik Kekal jadi aneh. Membuat musik avant-garde yang aneh begitu lama, sebagian terasa konvensional: seperti riff, disonansi, atau infus elektronik. Tetapi semua elemen ini masih terjebak di antara dua dunia, tidak benar-benar canggih lagi, tetapi juga tidak biasa. Tapi sepertinya Kekal juga tidak stagnan dengan kerajinannya.

Meskipun mereka mengklaim ini sebagai album Kekal yang paling bermakna secara lirik, didasarkan pada Gnosis wawasan spiritual kita saat umat manusia menyadari situasinya, tetapi berbicara murni dari segi musik, sering kali terasa seperti album yang tidak berhasil. merasakan. Tidak peduli seberapa besar riff dan jeritan serta momen-momen progressive metal terasa begitu dekat dengan suara yang bisa Anda dengar dari band lain. Begitu dekat, namun begitu jauh, karena tidak ada band lain kecuali Kekal yang bisa merangkai begitu dekat tanpa kehilangan rasa asingnya.

Terus menjadi rahasia avant-garde terbaik di scene metal beberapa dekade kemudian, Kekal masih membingungkan dan membingungkan, dan, jika boleh, benar-benar keren.

Band: Kekal
Album: Quantum Resolution
Release date: August 2020

01. Quiet Eye
02. Spiritual Anarchism
03. Inward Journey
04. The Sleep System
05. Testimony
06. Driven
07. Zoe
08. Hidden No More
09. Apocalypse: Quantum Resolution
10. Pneumatic Union

Selamat..!

admin

🙏

%d blogger menyukai ini: