Kode etik

Berdasarkan media yang digunakan untuk publikasi atau penyebarluasan informasi, jurnalistik dibagi menjadi tiga jenis:

  • Jurnalistik Cetak (printed journalism) — yaitu proses jurnalistik di media cerak (printed media) koran/suratkabar, majalah, tabloid.
  • Jurnalistik Elektronik (electronic journalism) atau Jurnalistik Penyiaran (Broadcast Journalism) — yaitu proses jurnalistik di media radio, televisi, dan film.
  • Jurnalistik Online (online journalism) atau Jurnalistik Daring (dalam jaringan — yaitu penyebarluasan informasi melalui situs web berita atau portal berita (media internet, media online, media siber).

Pelaku jurnalistik disebut jurnalis atau wartawan.

Wartawan adalah orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Wartawan disebut juga juru warta atau jurnalis.

Kode etik jurnalistik secara secara universal;

  1. Kesetiaan (loyalitas) jurnalisme adalah kepada warga (citizens).
  2. Disiplin verifikasi.
  3. Jurnalis harus tetap independen.
  4. Jurnalis bertindak sebagai pemantau.
  5. Jurnalisme harus menyediakan forum bagi kritik, komentar, dan tanggapan dari publik.
  6. Membuat hal yang penting itu menjadi menarik dan relevan.
  7. Berita yang disajikan komprehensif dan proporsional
  8. Mengikuti hati nurani –etika, tanggung jawab moral, dan standar nilai.

Teknik Jurnalistik (Journalism Skills) adalah keahlian atau keterampilan khusus dalam hal reportase, penulisan dan penyuntingan berita, serta wawasan dan penggunaan bahasa jurnalistik atau bahasa media.

Bahasa Jurnalistik. Wartawan harus menguasai kaidah bahasa jurnalistik, yakni bahasa pers atau bahasa media, dengan ciri khas ringkas, lugas, dan mudah dipahami.

Secara praktis, dasar jurnalistik yang wajib dimiliki wartawan adalah keahlian meliput perisiwa, menulis beritanya, melakukan wawancara.

Wartawan online harus siap dengan hal baru dalam dunia jurnalistik ini. Komunikasi massa dalam konteks jurnalistik online tidak lagi satu arah (one way communications), tapi dua arah dengan repons atau feedback realtime (saat itu juga).

 

Dapur Comments
Follow Us