Majukan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Apresiasi Jakarta Fair

Jakarta Fair sebagai ajang pameran terbesar dan terlengkap se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat stan multiproduk, kuliner, hingga konser musik. Gelaran Jakarta Fair juga turut kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan industri kreatif di Indonesia.

Sejumlah pejabat publik turut menghadiri Jakarta Fair, salah satunya yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Dalam kunjungannya pada Jumat, (15/7/2022), Sandiaga mengunjungi berbagai stan dari UMKM dan juga ikut menyaksikan konser musik di panggung utama Jakarta Fair.

Saya dari kecil tidak pernah absen untuk datang ke Jakarta Fair, dan ini sudah jadi kultur tersendiri. Kami yakin ini bisa membuka banyak lapangan kerja baru, jadi, event seperti Jakarta Fair ini harus terus digalakkan dalam tatanan inovasi baru dan ekonomi baru yang lebih berpihak (kepada UMKM), ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga juga mengapresiasi gelaran Jakarta Fair 2022 yang menurutnya mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 lalu. Meski telah rehat selama dua tahun akibat pandemi, namun antusias masyarakat sangat tinggi untuk mengunjungi Jakarta Fair.

Tahun ini saya lihat lebih meningkat dibanding tahun 2019, saya diberitahu bahwa tahun ini 15 persen lebih banyak pengunjungnya dan transaksinya juga lebih meningkat. Ini memberikan keyakinan bahwa kita semakin pulih dari pandemi, dan semoga momentum ini bisa terus dijaga dengan kedisiplinan kita semua, tuturnya.

Menparekraf mengatakan, Jakarta Fair sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia. Pasalnya, Jakarta Fair menaungi para pelaku UMKM dari berbagai provinsi di Indonesia untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat luas.

Jakarta Fair sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif. Saya tadi juga melihat banyak stan UMKM dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan demikian, maka sangat mungkin Jakarta Fair untuk dikunjungi turis mancanegara, dan ini menjadi destinasi MICE untuk membawa investasi dan membuka lapangan kerja baru, pungkas Sandiaga.

Jakarta Fair tahun ini diadakan selama 39 hari penuh mulai tanggal 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di Arena JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat. Jakarta Fair dibuka pukul 15.30-22.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat, serta pukul 10.00-22.00 WIB pada Sabtu dan Minggu.