Persiapan sebelum manggung

Jika kalian anak band, tentu banyak hal yg harus perhatikan saat sebelum pentas diatas panggung, jangan pernah menyepelekan hal kecil yang akhirnya dapat menjadi masalah besar di atas Panggung.

Berikut beberapa tips sederhana versi dapurletter yang mesti dipersiapkan sebelum pentas diatas panggung :

1. Kabel Jack
Wajib punya sendiri, selain punya alat musik di check lagi, apakah kabel, solderan dan kondisi jack sebelum manggung dalam keadaan baik.

2. Bass/gitar yang akan dipakai
Periksa keadaannya, Check potensio, jika sudah aus & kresek-kresek cepat ganti, agar tidak menimbulkan bunyi menggangu yang tidak enak di dengar saat dipakai.

3. Senar
Bedakan antara senar untuk latihan dan manggung! artinya jika kalian manggung pasanglah senar yg spesialis untuk manggung.

4. Batery 9 volt
Jika bass loe active ganti pakai batery baru, agar suara maksimal. Jangan pakai batery lama walaupun baru seminggu di ganti.

5. Membawa Ampli
Jika diperlukan membawa ampli sendiri, check sekali lagi, apakah ampli lo layak pakai manggung. Jika pakai amply tabung cek kondisi emisi tabungnya.

6. Effect Wiring
Periksa kebel wiring effect to effect, apakah ada masalah atau tidak, cek satu persatu, agar saat manggung tidak menjadi masalah.

7. Strap
Barang kecil ini sering kali tertinggal saat mau manggung, apakah sudah tersimpan baik di Softcase / hardcase atau belum, jangan sampai saat manggung meminjam strap punya orang yang settingan panjangnya berbeda.

8. Sound Man
Ini sering terjadi habis manggung langsung pulang, tidak mengucapkan terimakasih pada sound man yg ada di FOH mixer, Ada baiknya menghargai dan mengenal mereka agar begitu bertemu lagi di kemudian hari, sound lo akan bagus dibuatnya.

9. Siapkan setlist lagu dan ngetune alat masing-masing sebelum pentas di belakang panggung dan biasakan sudah dilakukan 2 jam sebelum tampil. Kebiasaan buruk anak band ketika sudah waktunya tampil, Lo harus ngetune di atas panggung.

Sekian informasi singkatnya, semoga bermanfaat!

#dapurletter #dapurletter_id

admin

🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: