Sambut ‘New Normal’, Down For Life lepas Single “Apokaliptika”

Bencana pandemi yang memaksa dunia untuk beristirahat sejenak dari segala hiruk pikuknya. Semua sektor terkena imbas, termasuk industri musik. Mulai dari konser, festival dan tour ditunda atau dibatalkan sebagai salah satu cara pencegahan penularan virus COVID-19.

Kondisi ini pun direspon oleh band metal dari Solo, down for life dengan rilisan terbaru mereka berjudul “Apokaliptika”. Kali ini, band yang dimotori oleh Adjie (vokal) mengemas rilisan terbaru mereka dalam format video lirik yang disebar melalui kanal Youtube Blackndje Records pada Minggu (31/5).

“Apokaliptika” sendiri merupakan single kedua dari album keempat yang rencananya akan dirilis pada tahun 2020. Sebelumnya, down for life sendiri melepas single perdana berjudul “Mantra Bentala” yang dilepas pada akhir 2019 lalu.

Dalam penggarapan rekaman lagu “Apokaliptika”, down for life melakukannya di Darktone Studio milik label rekaman Blackandje Records di daerah Cijantung, Jakarta Timur pada Oktober 2019. Nama lagu “Apokaliptika” sendiri sebelumnya berjudul “Dead Shall Rise”, lalu berubah merespon kondisi yang ada saat ini.

Stephanus Adjie (vokal) mengusulkan untuk merubah judul dan lirik dalam bahasa Indonesia agar lebih relevan. Vokal pun mengalami rekam ulang yang dilakukan pada Maret 2020. Untuk musiknya, diaransemen oleh Rio Baskara dibantu Isa Mahendrajati, Muhammad ‘Abdul’ Latief dan Ahmad ‘Jojo’ Ashar yang kemudian digantikan oleh Mattheus Amadeus Aditirtono.

Sementara proses mixing dikerjakan oleh Adria Sarvianto, merangkap produser bersama Stephanus Adjie. Sedangkan proses mastering dipercayakan kepada Benitho Siahaan.

Secara sound, “Apokaliptika” nggak beda jauh dengan single perdana down for life sebelumnya berjudul “Mantra Bentala”. Sentuhan sound moderen dengan balutan blasting drum yang rapat, riff gitar cukup berat dan variasi vokal antara growl dan scream membuat single “Apokaliptika” terasa energik. Apalagi liriknya menggambarkan situasi yang dialami saat ini, P! yakin kalian bakal terbawa suasana saat mendengarkannya.

“Diam bukan mengalah, mati bukan pilihan. Bangkit adalah jalan, hidup adalah tujuan,” tulis down for life dalam lirik single keduanya.

Share

You may also like...